SMA PANGUDI LUHUR ST. VINCENTIUS GIRIWOYO
SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo - Desa Sejati, Giriwoyo, Wonogiri - Indonesia 57675  Telp. 082892210187
Kamis, 23 November 2017  - 1 User Online  
BERANDAPPDB ONLINEBUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SEMANGAT DASAR SMA PANGUDI LUHUR St. VINCENTIUS GIRIWOYO

a. Pendidikan untuk Semua (Education for All)
Bersumber pada sikap Yesus Kristus “Biarkanlah anak-anak itu datang kepadaku ...”(Lukas 18: 16) maka SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo menerima siapa saja yang berkeinginan untuk bersekolah, tanpa membedakan jenis kelamin, status sosial, ekonomi, suku, agama, dan golongan.

b. Memberi Perhatian Khusus kepada Yang Miskin (Option for the Poor)
Sekolah memberikan perhatian khusus kepada anak-anak miskin dan berkekurangan, yang memiliki semangat untuk belajar. Maka tidak dibenarkan sekolah menolak atau mengeluarkan anak hanya karena alasan keuangan.

c. Sekolah sebagai Paguyuban dan Komunitas Iman
Paguyuban terbentuk atas dasar nilai-nilai injili, yaitu cinta kasih dan persaudaraan sejati. Maka segala bentuk kekerasan, pelecehan, dan penghinaan, tidak dibenarkan. Sebaliknya, cinta kasih dan persaudaraan harus terus-menerus ditumbuhkan sehingga tercipta suasana yang rukun, aman, dan damai. Untuk itu, sekolah juga harus merupakan komunitas umat beriman yang diaktualisasikan dalam bentuk doa dan pendalaman iman.

d. Mendidik Manusia Seutuhnya (Pendidikan Holistik)
Sekolah berupaya mengembangkan seluruh aspek kepribadian manusia: intelektual, emosi, spiritual, moral, dan sosial. Tujuan akhir pendidikan adalah pribadi yang humanis dan berkualitas tinggi dalam segala aspek.

e. Menanggung Tugas Perutusan Bersama (Shared Mission)
Tugas mendidik kaum muda bukan hanya merupakan tugas sekolah, tetapi juga pemerintah, orang tua, dan masyarakat. Maka, sekolah dalam mengelola pendidikan melibatkah seluruh “stakeholder”, para petaruh yang terlibat dalam pendidikan, yaitu orang tua, komite sekolah, tokoh masyarakat, alumni, gereja, dan dinas terkait.

f. Mengelola Pendidikan Secara Profesional
Untuk menghasilkan output pendidikan yang berkualitas, di samping dibutuhkan input yang berkualitas, juga dibutuhkan proses pendidikan yang berkualitas. Kualitas proses terletak pada kualitas sarana prasarana dan kualitas para guru. Guru-guru yang profesional akan mampu memanfaatkan sarana prasarana yang terbatas secara maksimal untuk mencapai tujuan belajar, bahkan mampu menciptakan sarana belajar bersama siswa-siswinya.
Selain profesional, seluruh kebijakan pendidikan juga harus transparan, akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang terkait sehingga semakin dipercaya (kredibel) dan diminati oleh masyarakat.

g. Memperhatikan Pembinaan Iman
SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo memiliki tanggung jawab melekat untuk memperhatikan pembinaan iman kristiani para siswa. Para guru Karolik adalah para murid Kristus yang diutus untuk mewartakan Kabar Gembira. Di samping mengampu mata pelajaran tertentu, setiap guru Katolik harus mampu mengajarkan Pendidikan Agama Katolik. Para siswa non-Kristiani harus didorong untuk mengembangkan iman sesuai sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Untuk itulah SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo menerapkan Pendidikan Religiusitas. Hari Jumat sengaja dipulangkan pukul 11.00 agar siswi-siswi Islam bisa melaksanakan sholat Jumat. Kesempatan ini digunakan untuk memberikan pembinaan iman Kristiani kepada siswa-siswi yang beragama Katolik dan Kristen.

h. Memperhatikan Kader Bangsa dan Gereja
SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo menyadari bahwa bangsa ini membutuhkan orang-orang yang berdedikasi tinggi, rela berkorban demi kepentingan umum. Maka, SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo berusaha membantu kaum muda yang berpotensi tinggi untuk diberi latihan khusus di bidang kepemimpinan.

i. Terbuka bagi Gerakan Roh dan Perkembangan Zaman
SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo merasa terpanggil untuk terus belajar agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. Di bawah bimbingan Roh Kudus SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo mencoba menyikapi perkembangan zaman secara kritis dan kreatif.

j. Berlindung pada Bunda Maria
Konstitusi Bruder FIC menyatakan bahwa Ibu Maria adalah pelindung, termasuk juga pelindung SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo. Maka, devosi dan penghormatan kepada Bunda Maria hendaknya tampak jelas dalam hidup sehari-hari. Salah satu sikap dasar Ibu Maria adalah pandai menyimpan segala sesuatu di dalam hati. Maka, segenap guru dan karyawan SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo hendanya juga pandai menyimpan seluruh rahasia murid di dalam hati, tidak membeberkan rahasia murid bila memang tidak dibutuhkan untuk pengambilan keputusan.






^:^ : IP 54.198.210.67 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR ST. VINCENTIUS GIRIWOYO
 © 2017  http://smaplgio.pangudiluhur.org/